PRIBUMINEWS — Siapa tak kenal Soto dan Sate Padang? Saking bekennya dua kuliner khas Kota Padang itu, Kementerian Pariwisata menunjuk ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini sebagai tuan rumah festival kuliner Soto dan Sate Nusantara 2015 yang dihelat pada 5-6 September mendatang.

“Kemenpar sudah menetapkan penyelenggaraan festival sate dan soto dilaksanakan di Kota Padang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Dian Fakri di Padang, Senin (10/8).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah menggenjot sektor pariwisata dari kuliner khas nusantara.

Untuk mendukung pelaksanaan tersebut, pihaknya sudah melakukan persiapan pelaksanaan, yang seluruh kegiatan tersebut dipusatkan di Museum Adityawarman.

Ia mengatakan, ditunjuknya Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut lantaran selama ini Sumbar terkenal dengan berbagai masakannya.

Ia menjelaskan sate, soto dan rendang merupakan makanan yang sudah masuk dalam daftar 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI). Hal itu sangat positif terhadap pengenalan masakan tradisional dari Sumbar.

Dian menambahkan, seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut sepenuhnya ditentukan oleh pihak Kemenpar, termasuk daerah asal masakan tersebut.

Sementara Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agent (ASITA) Sumbar Ian Hanafiah mengatakan, festival kuliner tersebut harus mampu dimanfaatkan untuk terus mempromosikan keberagaman masakan khas dari Sumbar.

“Kegiatan itu akan mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan mengenalkan lebih dalam tentang kunikan masakan Sumbar,” katanya. [ara/jie]

Comments

comments