PRIBUMINEWS – Mushaf Alquran berlapis emas ditemukan di India, di Distrik Mysuru, bagian selatan Karnataka.. Salinan Alquran ini diyakini berasal dari priode ketika India berada di masa transisi dari Akbar yang Agung ke Jehangir, dfari kesultanan Mughal, setidaknya empat abad yang lalu. “Meskipun saya telah melihat banyak salinan Alquran di India, saya belum melihat satu pun yang setua ini,” ungkap sejarawan Profesor Sheikh Ali kepada The Hindu, seperti diberitakan OnIslam, Kamis (13/8). Menurut Sheikh Ali, mushaf Allquran itu ditulis pada 1050 dalam kalender Hijriah, yang berarti 1605 Masehi, yaitu sekitar periode ketika Dinasti Mughal mencapai puncak kejayaan di India.

Memang, tambahnya, tidak ada informasi jelas perihal mushaf Alquran berusia 410 tahun tersebut. Tapi, ia meyakini Alquran itu didedikasikan untuk alim ulama pada masanya.

Mushaf Alquran itu dibeli oleh sebuah perkumpulan dari orang anonim di Hyderabad. Sekarang perkumpulan tersebut berencana menjual mushaf itu. Menurut sumber di kepolisian setempat, mereka menawarkan harga Rs 5 crore, sekitar US$ 776.754. “Ketika kami mengintai mereka yang mencoba menjual buku berharga dengan berbagi video, tim polisi mendekati mereka di KR Nagar, menyamar sebagai calon pembeli,” kata Inspektur Polisi Distrik Mysuru, Abhinav Khare. Mushaf Alquran itu, tambahnya, terdiri dari 302 lembar, 604 halaman, dan seluruh halaman dilapisi emas.

Diungkapkan Sheikh Ali, penemuan itu juga tidak hanya menjadi penyelamatan kitab suci umat Islam yang berasal dari abad-abad lalu, tapi juga penyelamatan sebuah karya seni. (Pur)

Comments

comments