PRIBUMINEWS – Warga Australia, terutama yang di Adelaide, sebentar lagi akan lebih mudah mempelajari kebudayaan Sunda dan kebudayaan lain yang berakar di Jawa Barat. Juga kebudayaan Indonesia. Karena, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun sebuah Rumah Budaya di Adelaide, Australia Selatan. “Itu bentuknya seperti satu anjungan di Taman Mini dan itu akan mulai dibangun setelah kami melakukan MoU dengan Australia Selatan pada September 2015 mendatang,” kata Plt Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa, setelah menerima kunjungan delegasi Universitas Flinders di Gedung Sate, Bandung, Senin (24/8).

Iwa mengaku telah menugaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari untuk mengisi materi di Rumah Budaya di Adelaide itu. Selain angklung, ungkap Iwa, di Rumah Budaya tersebut nantinya bakal ada gamelan dan leaflet budaya seniman. Ia berharap, nantinya masyarakat Australia Selatan mengenal dan memahami budaya Jawa Barat pada khususnya dan Indonesia umumnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut, lanjutnya, Australia Selatan juga akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya kepada masyarakat Jawa Barat. Nantinya, pemprov akan mengusulkan lokasinya. Pemprov Jawa Barat, kata Iwa, rencananya akan memberdayakan pelajar Indonesia yang berada di Australia Selatan untuk menjadi petugas piket di Rumah Budaya Jawa Barat. “Daripada mengirim PNS ke sana itu kan ribet dan memerlukan anggaran lain,” ujarnya.

Kalau cuma untuk memajang angklung, gamelan, dan memberikan informasi, ya, bikin saja situs di internet. Masa fungsi Rumah Budaya hanya itu? Tidakkah ada upaya untuk mempelajari program-program yang dibuat oleh pusat-pusat kebudayaan negara lain yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Bandung? (Dan/Pur)

Comments

comments