PRIBUMINEWS – Tanggal 30 September pada tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, di beberapa tempat diputar film Pengkhianatan G30S PKI. Misalnya di Markas Batalyon Kavaleri (Yonkav) IV/Tank Kodam III/Siliwangi, Bandung, ratusan prajurit TNI menggelar nonton bareng film tersebut.

Menurut Danyon Kavaleri IV/Tank Kodam III/Siliwangi Mayor Kavaleri Agung Cahyono, nonton bareng tersebut sengaja digelar untuk mengedukasi keluarga prajurit yang bertugas di tempat tersebut. “Ini adalah acara internal kami. Tujuan nonton bareng ini adalah untuk mengedukasi prajurit beserta keluarga mengenai sejarah,” kata Agung. Jangan sampai, tambahnya, -anak kita tidak tahu mengenai sejarah G30S/PKI.

Pemutaran film yang sama juga dilakukan di Markas Pelajar Islam Indonesia, Jakarta. Bahkan, pemutaran film tersebut dikawal ketat puluhan polisi.

Di Jakarta, Front Pembela Islam (FPI) juga menggelar acara yang sama di Cawang dan dibuka oleh Kepala Polda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. Acara ini juga diisi dengan orasi dari tokoh-tokoh FPI tentang kejamnya PKI. (Her/Ron/Pur)

Comments

comments