PribumiNews – PT Transportasi Jakarta mengoperasikan dua unit bus gandeng khusus kaum hawa di Koridor I busway, rute Blok M-Kota. Tahap awal baru diluncurkan dua bus dan rencananya ada 10 unit busway lagi pada awal Mei nanti.

Peluncuran busway khusus wanita busway yang berwarna pink dengan bertuliskan Habis Gelap Terbitlah Terang di kaca badan bus ini yang bertepatan dengan Hari Kartini tentulah menjadi momen tersendiri.

“Rencananya ada 10 unit yang akan dioperasikan di semua koridor. Hari ini, baru ada dua unit yang siap untuk Koridor 1,” ujar Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono, dalam acara peluncuran bus di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 21 April 2016.

Bus reguler TransJakarta ini beroperasi setiap hari antara pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. “Bus khusus ini kami sediakan untuk meningkatkan pelayanan khususnya bagi pelanggan perempuan,” tutur Budi.

Satu bus ditargetkan bisa melintas di setiap halte Koridor I setiap 30 menit sekali. Bus ini memiliki kapasitas 38 tempat duduk dan 80 penumpang berdiri. Selain itu, seluruh awak bus khusus perempuan ini adalah perempuan, supir dan dua orang petugas on board perempuan.

Terkait dengan pengoperasian bus transjakarta, Budi menyatakan persoalan bahan bakar gas tidak menemui masalah untuk ketersediaannya. Begitu juga dengan stasiun pengisian bahan bakar gasnya. “Sampai saat ini, persoalan bahan bakar gas, pasokannya cukup. tidak ada masalah. Meskipun saya belum terlalu mendalami persoalan itu, tapi saya jamin ketersediaan itu cukup,” kata Budi.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Veronica Tan, yang juga istri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), melepas pengoperasian busway tersebut di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 21 April 2016.

Veronica menyatakan, “Bapak (Ahok) bilang, perempuan boleh naik bus khusus ini, tapi boleh mengisi bus yang ramai-ramai, yang ada laki-lakinya juga. Artinya, perempuan di-treat (diperlakukan) khusus,” ujar Vero, sapaan Veronica.

Setelah meninjau interior bus bersama sang suami, Veronica pun melepas bus tersebut dengan mengangkat bendera TransJakarta, di depan bus bermerek Scania.

Saat peluncuran bus tersebut juga, Ahok mengatakan, TransJakarta telah menunjukkan komitmennya dengan mengoperasikan 10 unit bus yang direncanakan pada Mei 2016. Pengoperasian bus TransJakarta khusus perempuan ini dilakukan untuk memberi kenyamanan khusus kepada kaum perempuan, yang merupakan 40 persen dari jumlah keseluruhan pengguna TransJakarta. (PW)

Comments

comments