Pribuminews.com – Bencana Longsor dan Banjir yang merendam beberapa desa di Garut dan Sumedang telah menimbulkan banyak korban. Hingga saat ini warga masih dalam pengungsian dan sangat membutuhkan bantuan.

KAMMI melalui Lembaga KAMMI Reaksi Cepat (KRC) juga turut andil dan bergerak cepat membantu korban bencana longsor dan banjir bandang di Garut dan Sumedang. Koordinator KRC, Liyuda Saputra mengungkapkan, bahwa sejak Rabu (21/9) sampai saat ini Tim KAMMI Reaksi Cepat sudah turun ke Lokasi Bencana.

“Mulai Hari Rabu sampai saat ini, di Garut ada beberapa hal yang tim lakukan, mulai turut membantu proses evakuasi, penyaluran bantuan logistik berupa; pakaian, sembako dan selimut, hingga membantu membersihkan rumah warga,” terang Yuda.

Bantuan di Garut menurut Yuda difokuskan di tiga titik pengungsian antara lain; Korem, Sindang Reret, dan Cilawu. Selain Garut, TIM KRC juga melakukan hal yang sama di Daerah Bencana di Sumedang.

“Sedangkan di Sumedang tim dari KAMMI Daerah Sumedang juga turut membantu evakuasi, membersihkan jalan, dan menyalurkan bantuan, ” jelas Yuda

Jalannya program Bantuan Bencana yang dilakukan KAMMI Reaksi Cepat (KRC) ini menurut Yuda tidak terlepas dari peran aktif seluruh Kader KAMMI dari seluruh Indonesia.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kader seluruh Indonesia yang sudah mengirimkan bantuan Logistik untuk disalurkan kepada masyarakat, terutama kader KAMMI di Daerah Jawa Barat; Garut dan Sumedang yang juga turut serta turun ke Lapangan” lanjutnya

KRC akan fokus membuka Dapur Umum, Trauma Healing, dan Pelayanan Kesehatan Gratis. Sedangkan kedepannya KRC berencana untuk membuka Desa Mitra:

“Insya Allah ke depan KRC akan membuka desa mitra untuk yang akan digarap oleh kader KAMMI. Dengan ini saya berharap KRC dan kader KAMMI dapat tetep sinergi dan hadir mendampingi masyarakat” ungkapnya.

Comments

comments