Saatnya Beralih ke Plastik Ramah Lingkungan

0
513
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Diretur PT Inter Aneka Lestari Kimia Herman Moeliana meninjau mesin penghasil pellet enviplast yang digunakan dalam proses produksi PT Inter Aneka Lestari Kimia (foto: Humas Kemenperin)

pribuminews.com – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meninjau PT Inter Aneka Lestari Kimia di Banten, hari ini Senin (8/5). PT Inter Aneka Lestari Kimia sebagai produsen kemasan dengan merek Enviplast.

Di pabrik tersebut, plastik kemasan diproduksi dari bahan baku singkong sehingga bersifat biodegradable dan lebih ramah lingkungan. Sekadar informasi, jumlah sampah plastik Indonesia sekitar 5,4 juta ton per tahun, yang merupakan 14% total timbunan sampah nasional. Karena itu perlu solusi untuk menanganinya. Selain dengan 3R (reduce, reuse, recycle), perlu juga menggunakan bahan baku plastik yang dapat ‘return to earth’ (4R).

Pemerintah juga telah menerbitkan kebijakan terkait penggunaan plastik, misal UU No. 32/2009 dan PP Nomor 81 Tahun 2012. Penggunaan bahan yang mudah diurai oleh proses alam, seperti biodegradable plastic, bisa jadi solusi mengatasi permasalahan lingkungan. Penggunaan kemasan maupun kantong belanja berbahan biodegradable plastic masih rendah di masyarakat, sehingga perlu didorong agar bisa menggantikan plastik yang ada saat ini. (pam)

Comments

comments

LEAVE A REPLY