Listrik pun Kini Menerangi Desa Tomuan Holbung

1667
foto: istimewa

pribuminews.com – Beberapa bulan yang lalu, foto murid-murid Sekolah Dasar di Desa Tomuan Holbung di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara, meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk melistriki wilayah tempat tinggalnya viral di media sosial

Permintaan tersebut dituliskan di atas potongan kardus. Di atas potongan kardus tersebut tertulis: “Bapak Presiden RI Pak Joko Widodo Yang Terhormat. Tolonglah Desa kami Pak, karena sampai pada saat ini desa kami belum dialiri arus listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara). Desa kami: Desa Tomuan Holbung, Kec. Bandar Pasir Mandoge Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara.”

foto: istimewa
foto: istimewa

Foto yang menjadi viral ini langsung mendapatkan respon dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik), Kementerian ESDM melakukan pertemuan antara PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera dengan PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP) Sumatera Utara I.

PT PLN Wilayah Sumatera Utara sedianya telah merencanakan untuk membangun jaringan listrik ke wilayah tersebut, namun pembangunan fasilitas distribusi listrik ke Desa Tomuan Holbung ini memerlukan pemangkasan dan penebangan pohon karet milik PT. BSP.

Pembangunan jaringan 20 kilo volt (kV) di Desa Tomuan Holbung ini merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh PT PLN, sehingga dalam pelaksanaannya tidak tersedia anggaran ganti rugi untuk penebangan pohon.

Ditjen Gatrik selanjutnya menugaskan tim kecil untuk terjun ke lapangan di bulan Juni 2017. Selanjutnya, tanggal 6 Juli 2017, Ditjen Gatrik memanggil PT. BSP dan PLN Wilayah Sumatera Utara untuk melakukan pertemuan serta mediasi, agar fasilitas distribusi ke desa Tomuan Holbung dapat dilaksanakan.

Pada pertemuan ini Disepakati bahwa pemancangan tiang dapat dilaksanakan. PT. BSP menyampaikan dukungan bagi program listrik perdesaan di Desa Tomuan Holbung, dengan catatan meminimalkan resiko kerugian penebangan pohon

Tindak lanjut pertemuan dan mediasi tersebut adalah survei ulang yang dilakukan PT. PLN Wilayah Sumatera Utara dan PT. BSP untuk meminimalisir pemangkasan pohon saat pemasangan tiang listrik.

Selanjutnya, tanggal 16 Agustus 2017, listrik di Desa Tomuan Holbung di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara telah menyala. Anak-anak Sekolah Dasar di Desa Tomuan Holbung kini mengirimkan foto ucapan terima kasih, karena listrik telah menyala. (dod)

Comments

comments