UIN Akan Bina 42 Mahasiswi yang Gunakan Cadar

364
UIN Kalijaga Akan Lakukan Pembinaan Terhadap Mahasiswi Bercadar. (Foto: Istimewa)

pribuminews.com – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Drs KH Yudian Wahyudi, MA, Ph D menyatakan ada 42 mahasiswi yang menggunakan cadar di lingkungan kampus.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ada 6, Fakultas Hukum dan Syariat ada 8, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ada 6, Fakultas Sosiologi dan Pemikiran Islam ada 5, Fakultas Adat dan Ilmu Budaya 3, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ada 8 orang. Fakultas Dakwah dan Komunikasi ada 4. Fakultas Sains dan Teknologi ada 2 orang,” jelas Yudian pada Senin (5/3/2018).

Menurut Yudian, data ini berasal dari survei yang dilakukan oleh tiap Fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Cadar adalah kain penutup wajah yang dikenakan oleh perempuan muslim yang disertai penutup kepala (jilbab). Para mahasiswi ini nantinya akan dibekali dengan pembinaan dari pihak universitas.

Orangtua dari mahasiswi yang bersangkutan pun akan diundang pihak kampus untuk turut dibina.

“Nantinya akan ada 5 dosen dari tiap Fakultas. Kelimanya berasal dari berbagai bidang dan ikut dalam pembinaan para mahasiswi tadi,” papar Yudian di hadapan awak media.

Para mahasiswi ini nantinya juga akan diminta untuk meneken Surat Pernyataan Mematuhi Kode Etik yang diberikan oleh pihak Universitas.

“Isinya adalah kewajiban mahasiswa untuk mengikuti peraturan serta kode etik yang berlaku di UIN Sunan Kalijaga,” tegas Yudian.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Drs KH Yudian Wahyudi, MA, Ph D mengeluarkan pernyataan terkait keluarnya Surat Edaran nomor B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018.

Surat ini berisi tentang Pendataan dan Pembinaan untuk para mahasiswi bercadar di lingkungan UIN Sunan Kalijaga.(tribunennews)

Comments

comments