Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Pencak Silat Se-Bogor Raya untuk NKRI

549
foto: wid

pribuminews.com – Hari Minggu pagi, 6 Mei 2018, Kota Bogor cerah. Matahari yang bersinar seolah-olah merestui perhelatan “Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Pencak Silat Se-Bogor Raya untuk NKRI”. Acara Kirab Pusaka ini dihadiri oleh Danrem Bogor, Kapolresta, dan PLT Walikota Bogor Ir Usmar Hariman.

foto: Wid
foto: Wid

Acara kirab dibuka secara langsung oleh Danrem 061/Sk, Kolonel Inf. Muhamad Hasan didampingi Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman dan Kapolresta Bogor Kota, Ulung Sampurna Jaya dengan ditandai penglepasan peserta kirab, yang berjalan dari Balaikota ke lapangan Sempur.

kirab 8

Kemeriahan acara Kirab Pusaka dan Kaul Pencak Silat ini tak luput dari keikutsertaan beberapa padepokan silat di Bogor, Jakarta, Tangerang, Karawang dan lain-lain. Beberapa padepokan silat yang hadir antara lain Padepokan Gosali Teupa Kujang, PSN ISMD Putra Setia, Palataran Pakujajar Sipatahunan, Padepokan Tiga Serangkai, Padepokan Silat Caracak, BKP, Sundawani, PPSI, Padepokan Rajawalin Sakti, Paguyuban Bedog Karawang, Balad Maung Indonesia, dan Padepokan silat Caracak.

kirab 9

Menurut Ketua Panitia acara ini, Roni Ramdhani, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pusaka yang ada di Jawa Barat. Acara ini juga yang pertama kali digelar di Bogor dan Jawa Barat bahkan untuk di Indonesia. Apalagi acara ini lebih meriah karena dihadiri oleh budayawan dan seniman se-Jawa Barat. “Tujuan dari acara ini adalah untuk mempersatukan kembali para budayawan dan seniman khususnya di Jawa Barat,” tuturnya.

kirab 10

Roni juga mengharapkan agar di Bogor dibuat satu museum untuk menyimpan pusaka Padjajaran atau pusaka dari tanah Jawa Barat. Acara ini juga menggelar pameran pusaka, yang terdiri dari Kujang, Keris Padjajaran, Tombak, Golok dan Pedang. Dimana pusaka tersebut diperkirakan sebagai peninggalan kerajaan Padjajaran. Selain pameran benda-benda pusaka juga ada bazar yang akan memanjakan kita dengan kuliner dan cendra mata khas jawa barat pastinya. (pam)

Comments

comments