PSN ISMD Putra Setia Ikut Meriahkan Acara Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran

492
foto: wid

pribuminews.com – Ratusan budayawan dan pesilat dari padepokan silat se-Jawa Barat tumpah ruah menghadiri acara “Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Silat untuk NKRI” di lapangan Sempur Bogor, Minggu 6 Mei 2018. Sejak dari Balaikota hingga lapangan Sempur masyarakat memadati pinggir jalan untuk menyaksikan arak-arakan berbagai macam benda pusaka peninggalan Kerajaan Padjajaran. Tak ketinggalan pula, ratusan pesilat dari berbagai padepokan silat di Jakarta dan Jawa Barat berjalan rapi mengawal benda peninggalan leluhur Jawa Barat.

Agung, Penasehat PSN ISMD Putra Setia sedang menyambut kedatangan Walikota Bogor 2014 - 2019 Bima Arya S (foto: Wid)
Agung, Penasehat PSN ISMD Putra Setia sedang menyambut kedatangan Walikota Bogor 2014 – 2019 Bima Arya S (foto: Wid)

Salah satu perguruan silat yang turut serta meramaikan acara Kirab Pusaka Pakwan Pajajaran adalah PSN ISMD Putra Setia. Dengan langkah penuh semangat, para pesilat PSN ISMD Putra Setia mengikuti pawai yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB dari Balaikota Bogor. Dalam acara kirab tersebut, tampak hadir beberapa pengurus PSN ISMD Putra Setia di lapangan Sempur. Ketua Harian PSN ISMD Putra Setia Sodikin, Penasehat perguruan Agung, Novi Hasfullah, Ketua Cabang Depok M. Idris dan pengurus lainnya ikut berbaur dengan pesilat dari perguruan lain di tengah lapangan.

kirab 12

Acara Kirab Pusaka Pakwan Padjajaran dan Kaul Perguruan Silat ini merupakan acara yang baru pertama kali digelar. Namun acara tersebut sudah mampu menyedot perhatian masyarakat Bogor dan wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Bogor.

Main Apry, sesepuh silat Putra Setia, ketiga dari kiri
Main Apry, sesepuh silat Putra Setia, ketiga dari kiri

Menurut salah seorang pesilat PSN ISMD Putra Setia, Main Apry, acara seperti ini bagus untuk mengangkat dan melestarikan kebudayaan tradisional bela diri Indonesia, Silat. “Yuk, kita jadikan acara ini sebagai salah satu tonggak untuk kebangkitan budaya silat di Indonesia dan khususnya di tanah Pasundan ini. Silat bisa menjadi salah satu wadah untuk menjalin tali silaturahmi. Silat bisa menjadi cara juga untuk mempersatukan bangsa,” katanya.

kirab 4

Dalam kesempatan itu juga Main menaruh harapan agar acara kirab pusaka bisa berlangsung secara rutin dan menjadi agenda tetap dari Pemda Bogor. “Saya berharap acara kirab pusaka ini tidak hanya terputus untuk sekali pelakasanaan, tetapi bisa berlanjut di tahun depan. Mungkin pelaksanaannya bisa lebih meriah lagi dan pemberitahuan ke padepokan yang lain juga lebih gencar,” harap Main Apry. (dod)

Comments

comments