Ratusan Warga di Kelurahan Meruyung Depok Lumpuh Mendadak

339

pribuminews.com – Sekitar 100 warga dari tiga RW di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, tiba-tiba mengalami sakit hebat di seluruh persendiannya hingga tak bisa digerakkan seperti lumpuh, dalam 3 pekan terakhir ini.

Dari hasil pemeriksaan diketahui para warga yang seketika seperti lumpuh itu terserang penyakit chikungunya, akibat gigitan nyamuk
aaedes aegypti.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Lies Karmawati menuturkan para warga di tiga RW di Kelurahan Meruyung itu dipastikan suspect chikungunya.

“Dimana salah satu gejalanya adalah rasa sakit yang hebat, sehingga penderitanya tidak bisa menggerakkan anggota badannya karena kesakitan. Jadi bukan lumpuh,” kata Lies kepada Warta Kota, Jumat (29/6/2018) malam.

Ia mengatakan laporan hasil investigasi pihaknya dari 30 warga di RW 6, Kelurahan Meruyung, yang diduga suspect chikungunya setelah dilakukan pemeriksaan, sebanyak 8 orang masih terserang sakit suspek cikungunya dan diambil sampel darahnya oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kemenkes

“Sedangkan penderita yg lain suspek paratypoid, dan rhematoid atritis,” kata Lies.

Menurutnya dari hasil pemeriksaan jentik di 12 rumah, sebanyak 8 runah positif jentk.

“Lingkungan di wilayah Kelurahan Meruyung, RW 6, banyak sekali sampah. Saluran air yang tidak mengalir dan lingkungan yang kurang sehat,” katanya.

Lies mengatakan Jumat ini telah dilakukan fogging dan fokus ke penderita dari Puskesmas.

“Juga sudah dilakukan penyuluhan ke masyarakat, RT/RW, dan ada rencana untuk Kerja bakti, dan pembasmian sarang nyamuk,” katanya.

Sementara itu Tenaga Penggerak Kelurahan (TPK) Meruyung, Salbia Wati menjelaskan, sebelum hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah ada seorang Ketua RT di RW 5 Meruyung, melaporkan ada warga yang merasa persendiannya sakit.

“Setelah diperiksa ternyata terkena chikungunya. Karena berdekatan, chikungunya mewabah ke RW6. Di RW5 sudah ditangani dengan memfogging. Di RW 5 ada 70 warga yang terjangkit tapi semunya sudah berangsur baik,” kata dia.(tribunnewsbogor.com)

Comments

comments