Dua Perusahaan Raksasa Asal Korsel Kembangkan Usahanya di Indonesia

117

pribuminews.com – Pohang Iron and Steel Company (Posco) dan Lotte Co Ltd, dua perusahaan raksasa asal Korea Selatan (Korsel) berencana mengembangkan usahanya di Indonesia. Keduanya menyatakan komitmennya dalam pertemuan bisnis di sela-sela kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke negeri gingseng pekan lalu.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian mengatakan, Lotte berencana mengembangkan industri petrokimia di Tanah Air. “Lotte, kita kan tahunya bergerak di industri supermarket, namun mereka berkeinginan masuk ke industri petrokimia,” kata dia, Sabtu (21/5).

Asal tahu saja, Jokowi melawat ke Korsel pada Senin (16/5) hingga Rabu (18/5) lalu. Selain menggelar pertemuan kenegaraan dengan Presiden Park Geun-hye, Jokowi juga mengikuti pertemuan bisnis, berupa forum bisnis, bisnis luncheon, serta pertemuan one on one dengan pengusaha asal negera setempat.

Darmin bilang, dalam pertemuan bisnis tersebut Lotte menyatakan minatnya untuk berinvestasi di sektor petrokimia. Namun, ia tidak menyebut potensi investasi yang bakal masuk perusahaan ini. “Lotte ini merupakan grup bisnis yang luas sekali, ada properti dan perhotelan juga,” kata dia.

Selain Lotte, Posco juga menyatakan komitmennya untuk mengembangkan pabrik baja di Indonesia. Nantinya, Posco akan menggandeng BUMN, PT Krakatau Steel untuk membuat perusahaan patungan.

Menurut Darmin, adanya komitmen Posco tentu menguntungkan pemerintah mengingat kebutuhan baja bakal melonjak seiring pelaksanaan program pembangunan listrik 35.000 megawatt (MW).

“Kami memang butuh produk besi baja dalam waktu dekat, pemerintah akan bangun pembangkit listrik perlu bangun jaringan transmisi sepanjang 43.000 kilometer (km),” ujar dia.(kontan)

Comments

comments