Tumbuhkan Kepedulian Terhadap Lingkungan, PLN Ajak Warga Balekambang Bersih-Bersih Kampung Sehat

1046

pribuminews.com – Dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, PLN bersama warga Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati melaksanakan Program Bersih-Bersih Kampung Sehat. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin pagi (1/4) di Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta Timur ini diikuti 500 warga setempat dan 100 milenials PLN.

Turut berpartisipasi dalam acara, General Manajer PLN Unit Induk DIstribusi (UID) Jakarta Raya Ikhsan Asaad, Camat Kramat Jati Eka Darmawan, dan Lurah Balekambang Mintarsih.

Usai membersihkan Sungai Ciliwung dan kampung sekitarnya, Ikhsan bersama General Trading Nusindo, Satya serta Camat Kramat Jati dan Lurah Balekambang meninjau sungai Ciliwung sepanjang 500 meter menuju ke Dermaga 2 menggunakan perahu karet.

“Saya mengajak semua yang ada disini untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dan meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan termasuk Bantaran Sungai Ciliwung,” ujar Ikhsan usai menandatangani “Komitmen Peduli Lingkungan”. Komitmen ini merupakan wujud sinergi bersama antara PLN dan masyarakat dalam menjaga lingkungan.

images (9)

Selain membersihkan kampong dan Sungai Ciliwung, PLN juga menanam 21 bibit pohon Salak Condet dan buah-buahan lainnya, yakni tanaman Endemis Jakarta. Kemudian juga dilakukan penebaran 1.000 benih ikan nila dan patin.

“Terima kasih kepada PLN sudah hadir di sini bersama kami. Ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap pelestarian Sungai Ciliwung dan warga Balekambang. Kami harap ini dapat menjadi kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat ke depannya,” ungkap Eka.

Sebagai bantuan untuk warga setempat, PLN menyambungkan aliran listrik ke 300 rumah di DKI Jakarta secara gratis. Melalui bantuan ini, PLN berharap semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati listrik secara legal atau tidak lagi menyalur dari tetangga, sehingga lebih aman.

Asmane (55), salah satu penerima bantuan sambung listrik gratis di Balekambang sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini. Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir ia sekeluarga hanya bisa mendapatkan listrik dari tetangga (menyalur/levering) untuk menyalakan satu lampu.

“Di rumah hanya ada 1 lampu, di dapur. Gelap-gelapan banget. Apalagi udah mau puasa. Dapat bantuan begini rasanya senang banget. Mau sahur juga enak. Sekarang mau dagang kue juga bisa,” ujar Asmane.

Kegiatan ini diramaikan dengan demo masak menggunakan kompor induksi dan ditutup dengan pemberian 500 paket sembako kepada warga Balekambang dan Pasukan Orange. Sembako senilai total Rp 500 juta ini berisi 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg gula, sarden dan garam untuk tiap paketnya.
Kegiatan Program Bersih-Bersih Kampung Sehat merupakan bagian dari kegiatan HUT Kementerian BUMN. Selain kegiatan ini, PLN juga menyelengarakan Program Elektrifikasi. Melalui program-program tersebut, diharapkan BUMN dapat hadir secara nyata untuk Negeri.(dod/foto:ist)

Comments

comments